Senin, 02 Maret 2009

Tutorial Internet

(1st session)
Browser dan Search Engine



Pengertian Internet
Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network, adalah system komunikasi yang menghubungkan antar jaringan-jaringan computer secara global. Sedangkan perangkat yang digunakan agar tiap computer dalam internet dapat berkomunikasi adalah protocol TCP/IP.

A. Web Browser
www (world wide web) merupakan sebuah layanan berbasis multimedia yang didalamnya berisi kumpulan situs-situs dunia. Untuk dapat mengakses layanan ini digunakan sebuah aplikasi client yang disebut dengan Web Browser atau Browser saja. Contoh aplikasi web browser yang terkenal yaitu : Microsoft Internet Explorer, Netscape, Opera, Mozilla FireFox, dll.

B. Browsing/Surfing
Browsing/Surfing merupakan istilah yang akrab digunakan oleh para netter, yang artinya menjelajah dunia maya internet. Tentu saja computer yang digunakan harus terhubung dengan jaringan internet. Untuk dapat melakukan browsing seorang netter harus mengetahui alamat-alamat internet yang akan dituju. Contohnya seperti www.ilmukomputer.com, www.detik.com, www.google.co.id dll.




Langkah-langkah Browsing dengan Internet Explorer
Jalankan aplikasi Internet Explorer, yaitu : Pilih Start | Programs | Internet Explorer.
Ketikkan pada bagian address alamat yang akan dituju. Contoh : www.detik.com , kemudian tekan ENTER atau klik Go. Tunggu beberapa saat, sampai status bar internet explorer menunjukkan status Done.


apabila tampilan web dalam web browser akan ditampilkan dalam window lain, dapat dilakukan dengan mengetik Ctrl + N.
dan jika ingin membuka lebih dalam lagi mengenai isi suatu website dapat di-klik link-link yang ada dalam suatu website.
jika sudah selesai, web browser dapat ditutup dengan menu File | Close.


Menyimpan Halaman Web di Komputer
Suatu saat apabila dirasa perlu ada halaman web yang cukup penting dan ingin disimpan dapat dilakukan dengan cara sbb:
Buka halaman web yang akan disimpan
Pilih File | Save As, kemudian akan dimunculkan window sebagai berikut :



Tentukan lokasi penyimpanan halaman web pada bagian Save In, dan klik tombol Save.




B. Search Engine
Setiap orang tidak akan mampu untuk menghapalkan seluruh alamat internet yang ada didunia, ibarat menhitung bintang yang ada dilangit. Pertanyaannya, bagaimana kita mendapatkan informasi yang kita butuhkan apabila alamat-alamat website yang menyediakan konten itu tidak hapal? Jawabannya yaitu kita dapat menggunakan Search Engine, dengan memanfaatkan Search Engine ini kita dapat menemukan website yang menyediakan konten kita butuhkan.
Search Engine merupakan sebuah website yang memberikan layanan pencarian konten-konten terhadap seluruh situs-situs yang ada dalam jaringan internet. Konten yang kita cari dapat meliputi, media teks, gambar/foto ataupun file multimedia yang lain seperti audio, video dll. Biasanya Search Engine (Mesin Pencari) ini memerlukan sebuah kata kunci sebagai acuan pencarian. Contoh situs yang tergolong sebagai search engine terkenal diantaranya yaitu www.google.com, www.yahoo.com dll.

Langkah-langkah Melakukan Pencarian dengan www.google.co.id
Buka website Google.com, dengan mengetikkan alamat http://www.google.co.id pada bagian address milik web browser. Setelah klik Go.



Ketikkan pada bagian kata kunci yang akan dilakukan sebagai acuan pencarian pada bagian textbox, misal “panduan excel”, jika kita hendak mencari buku-buku panduan belajar Excel. Kemudian klik tombol Telusuri dengan Google.
Tunggu beberapa saat sampai dimunculkan tampilan sbb


dari tampilan di atas, search engine telah berhasil mencari konten yang kita perlukan, berikut dengan link-link yang menghubungkan dengan website yang menampung konten yang kita cari. Untuk mengunjungi website, pilih salah satu link dengan meng-klik tombol kiri mouse.



(2nd session)
Email


Email adalah surat menyurat dalam internet. Saat ini email telah memiliki trend tersendiri dibanding dengan surat-menyurat konvensional, karena email disini bersifat lebih ekonomis dan efisien waktunya. Dikatakan lebih ekonomis karena saat ini banyak penyedia layanan email local maupun non-lokal yang bersifat gratis. Syaratnya hanya daftar/registrasi untuk mendapatkan alamat email yang baru. Bersifat efisien waktu, karena pengiriman surat elektronis ini tidak membutuhkan waktu yang lama bahkan hanya dalam hitungan detik surat telah sampai ke alamat tujuan, saat itu pula penerima dapat membaca pesan yang dikirimkan dan dapat juga langsung membalasnya.

Untuk dapat memanfaatkan layanan email ini, kita harus mendaftarkan diri pada penyedia layanan email baik yang gratis maupun yang berbayar. Setiap orang dapat saja memiliki email lebih dari satu, tentu saja dengan alamat email yang berbeda, karena setiap alamat email ini bersifat unik. Adapun penyedia layanan email yang terkenal yaitu
Non-Lokal : Yahoo, Gmail, Lycos, Mailcity dll,
Lokal : Telkom.net, Plasa.com, dll

Mendaftar Email Baru di Yahoo
Fasilitas email yahoo adalah bersifat gratis dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar yaitu 1 GigaByte. Untuk mendaftarkan email di yahoo dapat dilakukan sebagai berikut :
Buka server mail yahoo, caranya ketik alamat http://mail.yahoo.co.id, pada bagian address Browser.
Setelah beberapa saat akan dimunculkan halaman depan webmail yahoo.co.id



untuk mendaftar email baru, klik tombol Mendaftar Sekarang, namun apabila kita telah menjadi anggota webmail yahoo kita dapat langsung masuk/login ke webmail dengan mengisikan ID Yahoo dan Passwordnya.
Setelah kita meng-klik tombol Mendaftar Sekarang akan dimunculkan isi formulir seperti berikut ini.




lengkapi formulir di atas dengan data-data diri kita terutama yang bertanda bintang. Contoh isian yang benar seperti berikut.



ketikkan dengan benar data-data diri seperti Nama depan, Nama belakang, jenis kelamin, ID Yahoo, Sandi, Tanggal Lahir dll. Yang perlu dicermati yaitu :
Isian ID Yahoo, akan digunakan sebagai nama email yang akan diciptakan.
Isian Sandi, digunakan sebagai kata kunci untuk login ke webmail yahoo, haruslah dibuat minimal enam karakter.
Isian Masukkan lagi sandi, isian Sandi dituliskan ulang di kotak isian ini, untuk memastikan masukkan Sandi/password telah dimasukkan secara benar.



setelah selesai memasukkan seluruh isian formulir, kemudian tekan tombol Saya Setuju, yang berarti Anda harus menyetujui segala aturan/ketentuan member/anggota webmail Yahoo.
Apabila isian yang kita masukkan belum benar maka akan ditampilkan halaman berikut ini.



pada kasus di atas ternyata ID Yahoo yang dimasukkan “budel” telah digunakan orang lain, sehingga kita harus menggunakan ID Yahoo yang lain, contoh di atas digunakan ID Yahoo : budel84, setelah tekan tombol Kirim Formulir ini secara Aman.




Halaman di atas, menyatakan pembuatan email telah berhasil, jika kita hendak masuk ke email kita tekan Lanjutkan ke Surat Yahoo!.


Membaca Email yang Masuk
Untuk mengecek dan membaca email yang masuk ke email kita:
setelah berhasil login ke webmail, akan ditampilkan halaman seperti berikut ini



Untuk mulai mengecek dan membaca, klik link Kotak Masuk, sehingga akan ditampilkan halaman seperti berikut ini.


Bagian Kotak Masuk berisi daftar email yang masuk ke email kita, untuk membuka salah satu email klik link Judul Email pada Kolom Topik. Sehingga kita akan melihat tampilan sbb.




Mengirimkan Pesan Email
Untuk mengirimkan pesan email ke orang lain, dapat dilakukan seperti langkah-langkah berikut ini :
Pilih dan klik tombol Tulis yang ada pada bagian atas, sehingga akan ditampilkan halaman berikut ini.


Ketikkan tujuan email yang akan dituju pada isian Kepada(dapat ditulis lebih dari satu tujuan yaitu dengan pembatas koma), dan ketikkan pula judul email pada bagian isian Topik.



Setelah selesai menulis email, klik tombol Kirim, sehingga akan ditampilkan halaman seperti berikut ini.


Tampilan di atas menandakan bahwasanya email kita telah berhasil terkirim. Untuk kembali ke Kotak Pesan, klik tombol Cek Surat.


Keluar Dari Webmail Yahoo
Setelah selesai bekerja dengan email, haruslah kotak pesan email kita ditutup, caranya : klik link keluar (pada bagian atas halaman), sehingga akan ditampilkan halaman seperti berikut ini.



(3rd session)
Chatting


Chatting merupakan percakapan secara interaktif dengan user lain dengan media jaringan internet. Setiap user yang ingin menikmati fasilitas chatting ini haruslah terinstall aplikasi chat. Aplikasi ini dapat di download dari vendor-vendor yang menyediakan layanan chat, seperti mIRC, Yahoo Messenger, Google Messenger dll.

Pada sesi kali ini akan diulas tentang chatting dengan menggunakan Yahoo Messenger, mulai dari instalasi aplikasi yahoo messenger sampai cara melakukan chatting di Yahoo Messenger.

Instalasi Yahoo Messenger
Langkah-langkah instalasi Yahoo Messenger adalah sebagai berikut :
Siapkan file instalasi Yahoo Messenger yaitu ymsgr7us.exe di computer. Apabila file tersebut belum ada, kita dapat mendownload di http://www.yahoo.com.



Dengan menggunakan Windows Explorer, jalankan file tersebut dengan double-klik. Sehingga akan dimunculkan windows seperti berikut ini.



Klik tombol Next, sehingga akan dimuncul windows



Beri tanda cek pada isian Yes, I accept the Yahoo! Messenger License Agreement Above. Yang berarti Anda harus menyetujui segala ketentuan yang berlaku pada Yahoo Messenger. Kemudian Klik tombol Next.



klik tombol Next untuk melanjutkan instalasi.



Pada windows Select Destination Directory, pilih tombol Next, yang mana Yahoo Messenger akan disimpan dikomputer pada C:\Program Files.



klik Next, untuk memulai pengkopian file-file aplikasi Yahoo Messenger. Sehingga akan dimuncul window berikut ini.



Tunggu sampai instalasi file mencapai 100%, kemudian ikuti petunjuk instalasi berikutnya.



Apabila instalasi telah memunculkan window seperti di atas, berarti proses instalasi telah selesai.


Langkah-langkah Chatting
Langkah-langkah chatting dengan Yahoo Messenger adalah sebagai berikut:
jalankan aplikasi Yahoo Messenger, dengan cara, pilih Start | Programs | Yahoo! Messenger | Yahoo! Messenger.
Sehingga akan dimuncul form untuk login, gunakan ID email Yahoo beserta Password untuk mengisikan pada isian bagian Yahoo! ID dan Password.



kemudian klik Sign In, sehingga aplikasi akan memproses data login dan tunggu beberapa saat sampai dimunculkan window berikut ini.



langkah selanjutnya yaitu lakukan penambah Yahoo ID milik teman yang akan diajak chatting dengan menekan icon . Sehingga akan dimunculkan window berikut.


kemudian klik tombol Next.



pada window di atas pilih dan tekan tombol Next.


klik tombol Finish, untuk menuntaskan penambahan address Book Yahoo! Messenger kita. Sehingga tampilan window aplikasi Yahoo! Messenger akan dimuncul sebagai berikut:



untuk memulai bercakap-cakap double-click pada ID Yahoo teman kita yang ada dalam window Yahoo! Messenger. Sehingga akan ditampilkan window percakapan seperti berikut.



pada window percakapan seperti di atas, ketikkan ucapan yang akan disampaikan kepada teman kita pada isian text box bagian bawah, kemudian klik tombol Send. Apabila teman kita juga sedang Online, maka dia juga akan membalas ucapan kita, contohnya seperti tampilan di bawah ini.






@@@

Tidak ada komentar:

Posting Komentar